Senin, 28 November 2011

Dengan meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, banyak orang yang mencoba untuk meningkatkan pendapatan demi bisa memenuhi semua kebutuhan hidup, maklum akhir-akhir ini harga barang cenderung naik sedangkan penghasilan masih tetap konstan. Untuk beberapa orang memang hal ini cukup memusingkan dan bisa menimbulakn persoalan baru tetapi untuk beberapa orang lainnya, hal ini bisa memicu untuk berkreatif meningkatkan penghasilan, salah satunya adalah dengan membuat usaha sampingan (side job).
Usaha sampingan ini bisa dimulai dari keterampilan yang dimiliki atau ketersediaan sarana yang dimiliki, maksudnya jika memiliki kemampuan tertentu seperti menjahit, memasak dll, bisa dikembangkan untuk menghasilkan penghasilan tambahan, sedangkan untuk sarana yang dimiliki seperti kendaraan atau halaman rumah yang memadai itu juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.
Contohnya, jika memiliki keterampilan menjahit, kita bisa saja mulai membuat kerajinan tangan yang bisa menghasilkan duit seperti menerima pesanan membuat baju, atau membuat souvenir dari bahan handuk dan kain flanel yang dibuat dengan bentuk unik. Atau jika memiliki keterampilan memasak, kita bisa memulai dengan menawarkan jasa membuat makan siang dengan harga dan rasa yang menarik atau membuat kue-kue yang menarik dan banyak diminati, atau bisa dikatakan memanfakatkan keterampilan dengan semaksimal mungkin (disamping mengembangkan keterampilan juga menambah penghasilan).
Contohnya, jika kita memiliki halaman yang memadai kita bisa mulai menanam tanaman yang bisa mengurangi biaya harian seperti sayuran, bumbu dapur dan tanaman obat, tetapi jika memungkinkan kita bisa membuat kolam ikan yang nantinya hasilnya bisa dimakan sendiri atau dijual. sedangkan bila memiliki kendaraan kita bisa membuka usaha antar jemput, sehingga kendaraan yang kita miliki selain bisa kita nikmati sendiri juga bisa memberikan penghasilan tambahan.
Jadi bisa dikatakan sebagai manusia kita dilengkapi kemampuan untuk berfikir dan bertindak lebih maju dari keadaan atau kita tak akan kalah oleh keadaan tetapi kita bisa menaklukan keadaan dengan kemampuan yang telah Tuhan berikan, karena itu tak ada alasan bagi kita untuk menyerah dan pasrah pada keadaan tetapi kita akan terus maju dengan keadaan apapun

1 komentar: